SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA :)

SARAN & KOMENTAR ANDA SANGAT BERARTI .....

.:[Tutup]:.

  • Liburan di Bali Bersama Keluarga...
  • Liburan di Bali Bersama Keluarga...
  • Liburan di Bali Bersama Keluarga...
  • Liburan di Bali Bersama Keluarga...

Virus

 On Saturday, January 19, 2019  

Assalamualaikum jumpa kembali dengan mimin pada postingan tentang Komputer Masyarakat pastinya denga topik yang berbeda dong. Nah, kali ini mimin sedikit mengulas tentang Apa itu Virus???

Virus didefinisikan sebagai suatu program atau sebuah script yang berbahaya. Kenapa berbahaya? Karena bukan sembarang program yang diditanamkan pada program itu. Ada sebuah script yang apabila kita meng-klik atau membuka nya bisa bisa dampak akan terjadi pada komputer kita. Virus terbagi dalam berbagai macam kategori yaitu:

WORM

      Worm tidak bekerja dengan menginfeksi data atau program juga tidak bekerja dengan menghapus hingga mengubah data-data korban, melainkan memperbanyak dirinya dan memberi beban pada sistem operasi komputer sehingga perangkat tersebut berjalan dengan sangat lambat. Selain itu, worm juga bisa menyebar ke komputer lain lewat jaringan internet dan bahkan dapat mengaktifkan dirinya sendiri tanpa adanya bantuan dari pihak ketika.
Meskipun worm ini dapat aktif tanpa bantuan pihak ketiga, namun worm hanya dapat menyusupi sebuah komputer jika adanya sebuah celah kemanan yang rendah dalam sebuah software pada perangkat komputer tersebut.

TROJAN
       Trojan merupakan sebuah program yang terlihat seperti pada umumnya, tidak mencurigakan, dan bisa berbentuk apa saja. Namun setelah diinstal, program trojan dapat memata-matai, mencuri data, dan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya. Trojan dapat melancarkan serangan ini tanpa diketahui oleh si pengguna komputer tersebut, maka dari itu pengguna harus berhati-hati saat menginstal aplikasi yang tidak terlalu dikenal. Karena bisa saja trojan telah disisipi ke dalam program tersebut.

SPYWARE
       Spyware tidak diciptakan untuk merusak sebuah komputer, melainkan dibuat untuk memata-matai komputer korban atau pun korban itu sendiri. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan informasi penting dan mengumpulkan data-data privasi korban. Dengan Spyware, data-data korban dapat diketahui dengan mudah selama pengguna tersebut terhubung dengan internet. Adapun data-data penting yang dimaksud adalah seperti PIN online Banking, PIN kartu kredit, password email, dan lain sebagainya.


Virus Melissa, I Love You

     Sedikit ulasan tentang virus ini. Virus Melissa adalah salah satu virus yang menyebar lewat e-mail. Melissa menyebar melalui dokumen Microsoft Word yang dikirim melalui e-mail dan ia bekerja seperti ini: seseorang membuat virus sebagai dokumen Word yang kemudian di-upload ke newsgroup internet. Siapa pun yang mendownload dan membuat dokumen tersebut akan mengaktifkan virus, yang kemudian mengirim dokumen dalam bentuk e-mail kepada 50 orang pertama yang terdapat pada buku alamat orang tersebut.
      Penerima tidak akan merasa curiga dan akan membuka dokumen tersebut karena virus mencantumkan nama pengirim. Pada komputer penerima, virus tersebut akan membuat kembali 50 e-mail baru. Hasilnya, virus Melissa dapat menyebar dalam waktu yang sangat singkat. Seperti telah disebutkan sebelumnya, virus ini memaksa sejumlah perusahaan besar menutup sistem e-mail mereka.
      Nah, Sebagai contoh sederhana virus Melissa pada Facebook. meskipun nama nya yang berbeda, tapi cara kerja virus ini sama dengan virus Melissa. Yaitu Pengguna Facebook yang apabila meng-klik suatu link yang berisi malware. Otomatis pengguna facebook nanti akan secara otomatis mengirim kan beberapa kali postingan yang padahal tidak ia kehendaki. virus itu akan terus mengirimkan berita - berita sesuai yang diperintahkan nya melalui script yang ditanam.
      Maka dari itu, sebagi upaya penanggulangan nya jangan sesekali meneri,a Email dari sesorang yang tidak dikenal apalagi mencoba untuk membukanya sekalipun. Sekian ulasan dari mimin, semoga bermanfaat. Wassalamualaikum

Virus 4.5 5 semangat Saturday, January 19, 2019 Assalamualaikum jumpa kembali dengan mimin pada postingan tentang Komputer Masyarakat pastinya denga topik yang berbeda dong. Nah, kali ini...


No comments:

Post a Comment

Category